Kamis, 21 Juli 2011

TATTO

di 7/21/2011 01:31:00 AM
Pas lagi blogwalking, nggak sengaja nemu artikel tentang tatto. Ya, Tatto!! Jadi mengingatkan saya waktu ngerjain skripsi dulu. Sering banget ke warnet ampe malem banget cari-cari artikel, info dan sejenisnya soal tato. Dan otomatis mengajak saya untuk bergaul dengan sebagian pengguna tato di tempat saya kuliah dulu, di Jember. Karena skripsi yang saya kerjakan dulu memang tentang tato. Kebanyakan yang saya temui dan masih temenan baik sampe sekarang adalah di komunitas bikers yang sebagian anggotanya ada yang pake tato. Trus dulu saya juga sempat dikenalin sama beberapa anak punk oleh adek saya yang kebetulan pada saat itu sering gaul sama anak-anak punk yang waktu itu ada di kota kelahiran saya. Otomatis juga saya sering ikutan "cangkruk" dan sekedar ngopi  di tempat mereka kumpul di salah satu warung lesehan ditemani adek saya untuk tau lebih banyak mengenai tato.

Dulu sebelum kenal sama mereka (anak-anak punk dan pengguna tato), saya sempat takut juga.  Yah maklum, dulu saya termasuk orang awam. Tapi lama-kelamaan saya jadi menikmati berteman dengan mereka. Ada salah satu anak bikers dan juga (mungkin) sempat jadi anak punk yang tetep kontak dan berteman baik dengan saya. Entah itu sekedar nanyain kabar dan ngobrol kalo pas lagi ketemu. Nebenk baca koran dan majalah kalo pas lagi kesana dan emang dari dulu saya langganan baca koran gratis kalo maen ke tempatnya. Kebetulan dia punya usaha jualan koran dan majalah. Jadinya,  waktu pas jaman kuliah dulu seneng banget kalo maen ke sana. hihiiii..:p Orangnya baik. Dia informan primer saya. Dari dia saya dikenalkan dengan teman-temannya yang juga pake tato sampe pada si pembuat tato yang ada di Jember pada waktu itu. Pernah juga diajakin liat proses pembuatan tato. Ngeri banget liatnya.. Dari dia juga saya memetik salah satu pelajaran tentang hidup dan hubungan antar sesama. Dan sampe sekarang tanpa dia tau, saya (kadang-kadang) menerapkan teori itu., :) Mungkin teori itu sudah basi dan banyak orang yang memakainya dalam menyikapi persoalan hidup. Tapi bagi saya, itu adalah teori atau quote yang saya suka, karena langsung diucapkan ke saya pada saat ngobrol serius. Hahaa..Dia bilang, "terserah orang mau bilang apa soal kita, yang penting kita nggak gangguin atau merugikan mereka. Toh ini hidupku, dan mereka nggak tau apa-apa soal aku. Orang mau suka atau nggak dengan kita, itu urusan mereka." Yup, pada intinya adalah cuek. Yang penting kita tau mana yang baik dan mana yang nggak baik buat kita sendiri. setiap orang punya prinsip sendiri-sendiri.


Anyway, dulu gara-gara sering keliatan nyangkruk dan bareng sama temen-temen di bikers dan punk, saya (ternyata) sempat digosipin pindah aliran jadi anak punk. Jadi berasa artis pake digosipin, hihiii... Dan itu saya taunya pas udah lulus kuliah dan kerja di Surabaya waktu itu. Saat itu pas acara kumpul-kumpul sama temen-temen SMA dan ngobrol-lah sana-sini. Trus ada salah satu temen yang nanya soal itu. Dia langsung aja nanya apa saya sempat ikut jadi anak punk?? Dia bilang ada kabar dari salah satu temen SMA. Saya cuman tersenyum waktu itu dan bilang kalo lagi bikin skripsi. Toh sebenernya, kalopun iya atau nggak juga nggak ngaruh. Ngga ada yang salah kok dengan anak-anak punk dan orang yang make tato. Mereka baik selama kita juga welcome dan baik sama mereka dan ngga memandang sebelah mata. So far, so good :) Yah...maklum sampe sekarang pun masih banyak orang awam yang memandang sebelah mata anak yang make tato dan anak punk. Dan media pun juga masih mengkait-kaitkan pelaku kriminal dengan tato. Tapi pada dasarnya semua itu subyektif. Semua kembali kepada individu masing-masing. 

Memang, untuk agama muslim itu dilarang dan memang ada di Al Qur'an. Saya pernah membaca salah satu tulisan tentang seseorang yang pake tato dan pengen tetep sholat. Jadi ceritanya, ada seseorang yang udah terlanjur bikin tato di badannya, dan suatu hari ngobrol-ngobrol dan sharing sama seorang uztadh. Dia tanya ke uztadh itu kalo ada tato di badannya katanya wudlu dan sholatnya apa masih sah. Dan si Pak Uztadh menjawab dengan bijaksana bahwa urusan tato yang ada di badanny itu adalah urusan yang sangat teramat kecil di mata Allah. Dan Allah nggak bakal mau capek-capek untuk mengurusi tatonya itu, karena ada hal yang lebih besar dan penting yang harus diurus. Saya jadi tersenyum sendiri membacanya. Kalo dipikir-pikir ada benarnya juga. Yah, meskipun memang ada juga sebagian ulama yang mengatakan dilarang keras dan haram. Tapi menurut saya pribadi, yang penting niat!! Titik.

Well, berhubung file saya tentang skripsi saya dulu hilang lengkap dengan foto-fotonya, jadi saya meng-upload gambar-gambar dari website yang saya copas, hehee.. Tatonya bagus-bagus, ada yang kayak beneran hidup. Wihh...:)




0 komentar:

Posting Komentar

 

Danie's Microcosm Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei