Kamis, 02 Juni 2011

Secangkir Teh Ibu

di 6/02/2011 03:37:00 PM


"Secangkir teh hangat bisa menghangatkan tubuh dan pikiran", mungkin memang benar istilah itu. Pun juga teh mungkin menjadi hal yang biasa bagi beberapa orang..tapi di keluarga besar kami teh sudah menjadi minuman "kebesaran" (hiperbol yah..hihiii).
Apalagi kalo pas lebaran, keluarga besarku ngumpul semua di Jogja. Pada saat itulah, tiap harinya para ibu-ibu kami membuatkan teh untuk kami semua. Tiap pagi dan sore. Awalnya aku ngga begitu suka soalnya kalo minum trus-trusan takut jadi tambah gendut. Maklum teh yang dibuat tuh lebih dari manis "versiku". Pas pulang ke rumah masing-masing pun Ibu suka buatin teh buat aku, tapi aku minumnya kadang-kadang aja, soalnya pas waktu kuliah aku terbawa arus jadi suka kopi.. :)

Ada sedikit cerita tentang teh buatan Ibuku. Teh buatan Ibu kalo dilihat sepintas memang sama dengan teh-teh lain yang dihidangkan di gelas ato cangkir. Tapi mungkin cara atau proses pembuatannya yang beda. Karena emg rasanya jadi laen dan aku udah ngebandingin sama teh-teh bikinan temen, warung, ibunya temen.de el el..

Karena mungkin proses atau cara pembuatannya yang beda, jadinya rasanya jadi ikutan beda. Bukannya nyombongin hasil secangkir teh buatan ibuku, tapi memang diantara semua teh yang pernah dihidangkan buat aku, teh buatan ibu yang paling wenakk..:) Rasanya manis, tapi sensasi pahit-pahit khas tehnya ngga ilang dan paling mantap kalo diminum anget-anget. Ya tapi mungkin rasa teh yang seperti itu ada juga di resto-resto jawa,dan aku juga udah pernah nyoba. Tapi yang kumaksud di sini "secangkir teh biasa" bukan teh mahal yang ada di restoran-restoran mewah.
Aku punya paman yang kalo bahasa jawanya "Pakde". Beliau nggak ada ikatan darah sama keluarga aku, tapi saking udah kenal lama dan mungkin sama-sama dari Jogja, Pakde dan Bude udah kayak sodara sendiri,,,malah mungkin lebih dari sodara. Bude orangnya ramah, perhatian dan jadi temen curhat ibu-ku. sedangkan Pakde orangnya lebih pendiam dibandingkan dgn bapakqu yang kadang suka heboh dan rame.. hahaa... Pakde seorang guru dan emg dari dulu terkenal pelit senyum saking pendiemnya, tapi bukan brarti galak..just too cool, maybe..hehee...Beberapa teman seangkatan aku yang kebetulan jadi muridnya pada bilang memang jarang banget "ketemu" sama senyumnya.Tapi kalo udah maen ke rumah dan ngobrol sama bapak, aku sering banget liat senyumnya dan juga ketawanya. Soalnya Bapak suka melucu di depannya. Dan itu ngga cuma sekali atau dua kali tapi sering. Sangat sering.
Mereka (Pakde & Bude) sering banget maen ke rumah kami. Sekedar ngobrol dan MINUM TEH. Pakde suka banget sama teh bikinan Ibu. Katanya teh Ibu rasanya "lain" dan khas. Itu jadi salah satu alasan juga kenapa mereka seneng banget ngumpul di rumah kecil kami selain mendapat lawakan Bapak. Dan aku juga sangat seneng karena Bapak dan Ibu jadi ada temennya di rumah, sejak aku dan adekku pergi kuliah di luar kota dan ngekos. 

Sekitar tahun 2010 Pakde sudah meninggal. dan Bude jadi pindah ke Jogja, pulang kampung. Sejak saat itu Ibu dan Bapak suka ngerasa kesepian kalo pas sendiri di rumah, mungkin.. Ibu sudah nggak punya lagi temen curhat. Aku kadang juga suka kangen, karena biasanya tiap weekend mereka semua suka pada ngumpul.

Dan sekali lagi, teh bikinan Ibu yang ter-enak. Bukan cuma kami, Pakde yang suka tp ada salah satu temen Bapak, temenku juga yang seneng main ke rumah hanya untuk "secangkir teh Ibu."  :)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Danie's Microcosm Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei