Rabu, 15 Juni 2011

Tears

di 6/15/2011 11:11:00 PM
Air Mata - Dewa

air mata telah jatuh membasahi bumi
takka sanggup menghapus gelisah
penyesalan yg kini ada
jadi tak berarti
karna waktu yg bengis terus pergi

menangislah bila harus menangis
karena kita semua manusia

manusia bisa terluka manusia pasti menangis
dan manusia pun bisa mengambil hikmah

dibalik segala duka tersimpan hikmah
yg bisa kita petik pelajaran
dibalik segala suka tersimpan hikmah
yg kan mungkin bisa jadi cobaan

Pasti lirik lagu di atas nggak asing lagi kan?? Manusia mana yang tak pernah menangis?? hampir tak ada.Setiap manusia pasti pernah mengalami yang namanya menangis. Nggak cewek, cowok, anak-anak maupun orang tua, pasti pernah mengalaminya. Sebabnya pun tidak pernah sama. Menangis adalah sesuatu yang wajar. Sedingin dan sebeku apa hati seseorang, bukan berarti ia tidak pernah menangis, setidaknya sewaktu ia bayi

Pernah sekali waktu saya membahasnya dengan teman. Dia cerita kalo abis putus cinta. Dan curhatlah dia.. bla bla bla...Dan saya pun berusaha menjadi pendengar yang baik. Ada juga temen yang bilang bisa nangis karena nggak punya duit, gagal nikah, ketika saltum alias salah kostum di acara yang didatengin, tidak bisa bilang tidak, mood, merasa putus asa, frustasi, dll. Banyak banget sebab dan alasan yang bisa membuat kita semua menangis. Dan tanpa sadari kita mengeluarkan air mata. Semua soal rasa. Soal hati. Jika ingin menangis, ya menangis saja. Jangan ditahan. Karena akan terasa tambah sakit.

Saya pun juga manusia biasa yang sering banget menangis. Nonton film drama yang sedih-sedih aja juga bisa mewek sampe mata sembab (too muchPliss dehh...emang penyebab orang nangis tuh cuman itu?? Nggak kan?! Bisa juga kan karena hal lain yang belom tentu kita tau penyebabnya. Karena itu rahasia hati. yak...)hihiii  Apalagi yang menyangkut soal rasa, hati. Dan soal hati pun ada banyak alasan kan?? Nggak melulu soal pacar, soal cowok (halah). Yang namanya perasaan kan banyak rasa,hehee.. Soalnya pernah nih ada satu temen yang yahh..nggak tau pikirannya tuh hitam putih banget kali. Tiap liat mata temennya sembab, pasti ngira si pelaku abis nangis bombay karena "CINTA", abis berantem ma pasangannya lah, abis putus lah..

Paling sebel tuh kalo nangis pas lagi makan. Wah rasanya tuh nyesekkk banget. Tapi air mata kan nggak pernah kita undang datengya..:p Ketika terharu, menangis. Ketika bertemu dan berpisah dengan orang yang kita sayang, menangis. Ketika merasa terluka atau tersakiti, menangis. Dan saat mengupas bawang merah pun bisa bikin nangis.. :)

Dan sedikit curcol (baca: curhat colongan), hampir dua bulan terakhir ini saya sering banget menangis. Cengeng? sangat. Karena mungkin dua bulan terakhir ini merupakan saat terberat buat saya (boleh kan lebay dikit). Dan saya harap ini yang terakhir buat saya sendiri, keluarga, saudara, dan teman-teman saya. Tapi saya yakin suatu saat ada hikmah dariNYA di balik semua ini. Sebenarnya mungkin bagi orang lain, ini belum seberapa dan bukan apa-apa. Ya, saya akui itu memang benar. Karena memang masih banyak sekali orang lain di luar sana yang lebih parah mengalami cobaan dalam hidupnya. Dan itu ujian dari Tuhan buat mereka dan juga saya. Ini memang nggak ada apa-apanya dibandingkan dengan orang lain yang saya temui dan yang pernah saya dengar ceritanya. Saya cuma harus lebih banyak bersabar, berdoa, dan tetap mensyukuri semua yang ada. Dan semua hanyalah soal waktu. Saya mengalami kecelakaan yang membuat saya tidak bisa berjalan untuk sementara waktu ini. Dan kemarin itu operasi pertama buat saya. Cedera kaki yang mengharuskan dipasang pen. Lebay memang! Tapi selama sakit, perasaan saya jadi lebih sedikit sensitif dibanding sebelumnya yang cenderung cuek. Dan memang itu yang saya rasakan. Tapi ya itu tadi, kudu bersabar...

Anyway, back to the point. Menangis itu ternyata ada manfaatnya lohh... Harun Yahya pernah mengatakan pada tulisannya tentang ”MIRACLE OF EYE” bahwa Tears are perfect eyedrops. Banyak orang yang mengira bahwa air mata kita adalah hanya sekedar cairan yang mengalir apabila kita menangis. Padahal sebenarnya, air mata adalah cairan ciptaan Allah yang sangat bervariasi kandungan dan fungsinya. Subhanallah.

Menangis adalah ekspresi dari emosi yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan. Hal ini dipicu karena air mata yang keluar saat menangis mengandung zat mangan dan hormon prolaktin yang cenderung meningkat ketika seseorang dilanda frustrasi/depresi. Keluarnya kedua zat tersebut dari tubuh secara otomatis menurunkan depresi yang tengah diderita.

Ada 3 jenis air mata. Pertama, air mata basal yang diproduksi untuk melubrikasi mata secara teratur. Kedua adalah air mata yang keluar secara refleks karena dipicu oleh iritasi yang dapat terjadi oleh pengaruh bawang atau lainnya. Yang ketiga adalah air mata yang keluar karena pengaruh emosi. Jenis air mata terakhir inilah yang memiliki zat mangan dan hormon prolaktin tertinggi. Jadi, ketika seseorang menangis karena emosi yang melanda dirinya, keluarnya air mata tersebut secara naluriah mengurangi perasaan depresi yang ada hingga tubuh mencapai kondisi stabil.

Airmata melindungi mata dari kuman dan mengandung Lyzosime yang dapat membunuh berbagai macam mikroba. Lyzosime ini sendiri adalah zat desinfektan yang lebih keras dari zat-zat kimia yang digunakan untuk mendesinfeksi seluruh tubuh. Manfaat lain dari air mata yaitu: membantu penglihatan, meningkatkan mood, mengeluarkan racun, mengurangi stress, melegakan perasaan, dan masih banyak lagi.

Jadi, menangis itu nggak ada salahnya kok. Asal tau tempat aja. Jangan sampai menangis di tempat kerja, misalnya. Karena hal itu malah dapat mengganggu kinerja kita, dan mungkin dalam bekerja menangis justru akan ditanggapi sebagai bentuk kelemahan dan sifat menyerah yang sangat dijauhi dalam dunia kerja. Tapi mungkin tak berlaku untuk profesi yang menuntut empati. "menangislah bila harus menangis karena kita semua manusia."
:)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

i know you are not only a sweet girl, but you are also the strong girl. keep being cheerful sweet, don't be sad, god will always with you.
-- anonymous --

Posting Komentar

 

Danie's Microcosm Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei